Kamus formula excel


Excel Function Dictionary V4.0

Excel Function Dictionary (xlfdic) berisi lebih dari 150 contoh penggunaan berbagai fungsi formula excel, file buatan Peter Noneley ini gratis alias freeware. Sejak 1998 s.d.sekarang, xlfdic sudah sampai pada versi 4.0. Format file sempat berganti dari .xls ke .exe (memanfaatkan XLtoEXE converter), dan sekarang kembali lagi ke format .xls.

Bagi pemula yang baru belajar formula excel dan bosen dengan penjelasan formula di excel help, kamus ini dapat sebagai alternatif panduan.

54 responses to “Kamus formula excel

  1. saya sedang senang2nya belajar excel,.

    mohon bantuannya

  2. ok’s bangeut gt looooooh…hatur nuhun

  3. hallllllo ,para XL mania yang punya aplikasi pembukuan Versi Permendagri 13 tolong kasi donggggg email gw yasirinhu@yahoo.co.id, krna gw juga lagi butuh neeeeeh mksh sbelemnya

  4. mauliate Ma di Hamu Amang!
    Horas..Horas..Horas

  5. hallo…

    salam kenal!
    mohon bantuannya ya untuk saya yg sesat di jalan xl ini.
    trims sebelumnya.

  6. Assalam mualaikum,Salam Kenal Semuanya.!!!
    Terima Kasih Atas Unduhannya.
    Tapi aya Nggap Ngerti Biplop.Zip. Untuk Apa Yach ?, Maklum kite IPnye masih 2 Kurang

  7. trims, infonya…. jazaakumullah

  8. nice post,, very useful, i’ll be back for other post,,,,

  9. Kok ga Nemu yang kamu excelnya adanya yang konversil dari Doc ke Word aja????????

    Klik pada “Excel Function Dictionary V3.0″ di bawah judul
    atau http://www.4shared.com/file/66496667/8b1c8fe4/xlfdic02.html?dirPwdVerified=5eebc585

  10. thank’s alot

  11. mohon bantuannya dong..aku butuh bagaimana caranya membuat logika bila mau membagi angka secara progresif, misalnya range angka 0-10, 11-20, >30. contoh ada angka 35 dikelompokkan secara progrsif, dan bagaimana bila angka dibawah 20 dan dibawah 10..help me ya

  12. halo…waduh makasih bngt nih infonya…saya malah cm bisa excel sedikit..jd smangat belajar nih…trims ya

  13. terima kasih atas kamusnya!! sangat membantu! namun apa ada kamu yang sudah berbahasa indonesia. Terutama untuk yang belum memahami bahasa asing.
    Terima kasih

  14. saya sedang memahami logika dalm excel untuk menerapkannya didunia kerja mohon bantuannya yaaaa

  15. Mantabbb blog nya, makasih atas ilmunya.

  16. Mohon bantuannya donk.
    Gw lg diminta buat file excel yang bisa menghitung/membagi jumlah (uang) kedalam pecahan uang.
    Gw dah coba buat , tetapi jika pecahan yang tersedia dikosongkan, maka akan eror.
    (contoh : pecahan 100,000 tidak ada ).
    nih link file yang gw buat:
    http://www.ziddu.com/download/6182532/Perhitunganpecahanuang.xls.html

    mohon pencerahan teman2 semua.
    thanks
    Salam,

  17. Terima kasih mas, bisa tambah ilmu karena saya setiap hari kerja mengunakan excel

    wassalam

    susilo
    dipulau rupat

  18. salam kenal aja bos, sy pndatang baru ne di XL-MANIA.
    saya ada sdikit permasalahan mengenai rumus excel, sy maunya pd cell yg kita kasih rumus dapat berwarna sesuai dgn jwaban, cntoh kongkritnya ialah klo jawaban 5 berwarna merah, klo 6 berwarna hijau.
    klo boleh tlg dikasih cntoh rumusnya ya bos..!

  19. aq juga lg mendalaminya…
    and i like it.

  20. Bravo…Xl mania and related!!!!
    Lophe u dah….

  21. imroatudz.Dzaqiroh

    waduhhhhhhhhhhhhhh!!!!!!!!
    gw lagi mumet nih mikirin tugas bisa dikatakan tantangan dari guru Gw yang harus mengerjakan 9 soal excel dlm waktu 3hari
    Nahhhhh!!!!!!
    ini lagi senang2 nya belajar Excel

  22. oi, oi, oi..
    yang expert excel.. tolong dong!!!
    gw bikin file excel utk input dan hasil. nah cell utk hasil ini gw dah protect, skrng gw pengen cell inputnya juga di protect cuma bisa sekali input ato xlo dah lewat tanggalnya g bisa di input lg.. gmana y????
    please help me…
    tengkyu…

  23. thank ya info kamusnya…… tapi agak ngejlimet neeh…

  24. Keren blognya… tks buat sharing ilmunya…

  25. hello,,,,,saya lagi kesulitan karena mau menggunakan formula excel untuk menghitung overtime da yang bisa memberikan saran atau bimbingan kah supaya formula saya berhasil. terima kasih bisa kirim e-mail ke ester_yasinta@yahoo.com

  26. mantap tenan nich….nie yang gue cari…

  27. Khairul Aripin

    terima kasih …
    atas filenya, jadi saya bisa belajar sendiri
    sukses terus

  28. Bagus nih infonya. Thank’s

  29. Toooooooolooooooooooong……!!!!!

    Rumus2 nya beserta contohnya

  30. mohon bantuannya

    bagai mana cara nya ?? (dengan mengklik sel yang bernamakan worksheet, maka secara otomatis akan langsung ke worksheet tersebut)
    sebelumnya terima kasih.

    M4TM4T

    • maaf saya mo coba ikutan jawab… ini dari excel 2010 ga tau apa bisa jalan di excel 2007/2003. Klik insert pilih hyperlink lalu pada dialog box pilih/browse file yang diedit bisa dari look in/current folder/browsed page/recent file. Lalu isi text to display dengan nama sheet yang diinginkan, berikutnya klik bookmark dan pilih sheet yang sesuai untuk link tsb. Begitu saja … salam dari wong cerbon

  31. Dear all,
    saya juga punya web tentang excel nih… http://www.belajarexcel.comuf.com .
    pake slide show, flash movie n beberapa mater saya ambil dari web juga…masih sederhana sih…
    silakan dibuka, siapa tau berguna…
    Kalau ada yang mau sumbang pateri, dipersilahkan

    thx
    Dayat

  32. cara dunludx gmna

  33. Bagaimana cara mencopy sel yang punya patterns supaya bisa tercopy juga dengan warna-warnanya ketika kita menggunakan rumus dalam Excel

  34. saya mau memperdalam exel nih, ada yg bisa bantu penggunaan aplikasi pivotable dalam monitoring data..
    terima kasih

    Regards,
    Alfred

  35. help me,

    gini mas, gw punya case ne
    gimana caranya klo isi dari shet1 kita linkkan ke shet2.
    maksudnya gini, di shet1 ada sebuah tabel angka dan punya 100 kolom kebawah, nah supaya angka dari shet1 bisa kita tampilkan ke shet2 gimana ya?? (maksudnya biar sekali tarik aja)
    please help yaaaa

  36. thanks bro, saya sangat terbantu dengan artikelnya. tugas berat saya terpecahkan dengan funktion ifnya

  37. gue punya aplikasi permendagri 13 pake VB

  38. tolong bantuanya rumus2nya di exel itu apa saja….

  39. Dear All,

    Saya telah membuat kamus formula excell versi bahasa indonesia, semua formula nya ada 140, ada yang berminat gak?
    Best Regards,
    Supriyadi
    e-mail : supriyadi_sbm@yahoo.co.id
    mobile : 082149391649

  40. Mohon bantuan semua ya. Saya punya data yang perlu dilakukan transpose tetapi sifatnya harus tetap terhubung. Artinya kalau data awal diubah, maka data hasil transposenya juga harus otomatis berubah. Sy dah nyoba transpose dan paste link sekaligus, tapi gak mau. Tolong dong !!!! terima kasih ya ……

  41. @pak supriyadi boleh dong dishare kesini email saya rahmatan_miner038@yahoo.com

  42. pake rumus Transpose. Silahkan baca help-nya.
    Kunjungi juga:
    http://www.excelheru.blogspot.com

  43. Misi, saya bisa minta tolong ?
    saya murid SMP kelas 2, lalu saya udah masuk ke bagian VLOOKUP ..
    Saya dapet sedikit masalah soalnya saya disuruh buat data, tapi tabel array nya berkode number, bukan text .. sedangkan table kuncinya berupa text ..
    gimana caranya saya bisa dapet hasilnya, tapi saya tidak mengubah format table array nya ..
    kira2 harus menambahkan formula apa yaa ?

    • Keduanya harus bertipe sama,, jadi perlu disamakan terlebih dahulu, penyamaan tipe dapat dilakukan dengan mengubah format keduanya langsung pada tabel atau lewat formula yaitu memanfaatkan fungsi VALUE untuk mengubah angka yang bertipe text menjadi angka yang bertipe number. Misal =VLOOKUP(C1,A1:B5,2,0) menjadi =VLOOKUP(VALUE(C1),A1:B5,2,0)

Leave a Reply

